Manfaat Dan Khsiat Enceng Gondok Sumatera Selatan

EncengGondok Dengan nama latin Eichhornia crassipes, ialah  Jenis Tumbuhan Air yang berada di Sumatera Selatan mengapung di Air Selain dikenal  nama eceng gondok, di beberapa wilayah Indonesia, eceng gondok mempunyai sebutan lain misalkan di daerah seperti Palembang ecen gondok dikenal dengan nama Kelipuk.
Bayak orang yng mengatakan bahwa enceng gondok merupakan tumbuhan penggagu dari perairan karena pertumbuhannya terbilang sangat cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar ya Eceng gondok menyesuaikan hidup di permukaan air dengan akarnya yang menempel kepermukaan tanah bawah air, tinggi dari tanaman eceng gondok tersebut bisa mencapai 0.5 sampai dengan 9.0 meter, di bandingkan tanaman lain.tapi di balik hal itu enceng gondok terdapat bayak kelebihan yng mempuyai manfaat di antaranya merupakan sumber lignoselulosa yng dapat dikobversi menjadi produk yng lebih berguna, seperti pakan ternak,kerjina,obat-obatan dan pupuk.
Enceng gondok tidak mempuyai batang daunya tunggal dan berbentuk oval ujung dan pengkalnya meruncing pangkal tangkai daun menggelembung,bunganya termasuk bunga majemuk berbentuk bulir berbentuk hijau akarnya merupakan akar serabut.

 
Manfaat Enceng gondok

 
 
Eceng gondok,mempunya zat humat yng bias menghasilkan senyawa firohara
-  katanya hasil labnya menunjukkan eceng gondok mampu mengikat unsure logam dalam air karena itu tanaman ne cocok hidup di air yng kotor di bandingkan air yng bersi.
-  Daunnya bias dipakai bahan pakan ternak.
-  Seratnya bias dipakai bahan kerajina tangan seperti tas,tikar,aksesoris,teplak meja dan sudah banyak orang yng membudidayakan tanaman ne sehinga bias di jadaikan peluang bisnis.
-  Batangnya bias dipakai penyangga rangkaian bunga. Peluang ini juga belum maksimal di manfaatkan oleh bayak orang/Masyarakat sehingga belum ada yng sampai membudidayakan eceng gondok di Palembang.

Contoh gambar pengolahan Enceng gondok

 
 Langka-langka :
1. Pengambilan Bahan
2. Proses penjemuran salam 1 hari sampa 2 hari hingga kering enceng gondok ya
3. Melakukan pembuatan bahan yng akan di buat sesuai dengan yg di ingin kan.
4. Selesa tinggal melakukan pemasaran di toko.

Khsiat dari Enceng gondok dalam di kesehatan.
Enceng gondok mempuyai Unsure (SI02),Calsium (Ca),Magnesium (Mg),Kalium (K),Natrium (Na), Chlorida (Cl),Cupper (Cu),Mangan (Mn),Ferum (Fe) dan pada akarnya terdapat senyawa sulfate dan fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin dan bunga’nya mengandung delphinidin-3-diglucosida dengan seluruh kandungan kimia yng ada dlm enceng gondok. Dapat menyembukan tenggorakan terasah panas,Kencing tidak lancara, biduran / bisul dan kandunga senyawa penting  terdapat di seluruh organ tanman dari akar sampe daun dapat dimanfaat tradisonal.
Pemakaian enceng gondok sebagai obat dalam
Sediakan daun enceng gondok dan bagian lainnya sebanyak 20-30 gram lantas digodok. Dinginkan dan air rebusannya diminum.
Untuk mengobati bisul
Siapkan daun atau akar enceng gondok segar secukupnya. Lantas bahan tadi dilumatkan sampai halus, kemudian ditambahkan garam secukupnya, kemudian ditempelkan pada bisul.
Mengobati kencing tidak lancar dan biduran
Batang enceng gondok segar direbus, kemudian air rebusannya di dinginkan kemudian diminum. Hanya dengan pengobatan tradisional itu, air seni bisa lancar (Agrobis

Enceng gondok juga bias di jadikan pupuk organik.
Cara membuat pupuk organic
Bahan :
-       1000Kg tanaman enceng  gondok, dengan cara dicincang atau di giling halus.
-       5 Kg MikroDec
-       2 Buah Pagar bambu berukuran panjang 1 Meter,Tinggi 1½ Meter
-       2 Buah Pagar bambu berukuran panjang 2 Meter,Tinggi 1½ Meter
Cara membuat ya
-       Rangkai pagar bamboo berbentuk kandang berukuran 1x2x1½ Meter sebagai tempat pembuatan kompos.
-       Masukan eceng gondok
-       Lakukan pemadatan dengan cara menginjak-injak tumukan hingga setinggu ±20Cm
-       Taburkan MikroDek secara merata di atas tumpukan
-       Masukan kembali encng gondok
-       Lakukan pemadatan dengan cara menginjak-injak tumpukan timbunan bertambah tinggi ±20Cm
-       Taburkan MikroDek secara merata di atas tumpukan
-       Ulangi cara di atas sampai timbunan eceng gondok setinggi 6 - 1½ Meter
-       Tutup timbuna dengan pelastik
-       Pada hari kedua, suhu timbunan akan mulai meningkat sampai 70/80° c
-       Proses pembuatan kompos pupuk selesai setelah 14 haru dan suhu telah turun manjadi ± 30° celcius.
Pagat bamboo yng menjadi cetakan dapat dilepaskan pada saat proses penutu pantimbunan dengan plasticuntuk digunakan pada pembuatan timbunan berikut ya. 
Proses pelapukam dilakukan oleh mikroba thermofilik aerob ( dapat bertahan pada suhu 80° c) yng memerlukan sedikit oksigen
-    Penutapan plastic pada matrial bertujuan untuk menciptakan temperature tinggi yng di perlukan mempercepat proses pelapukan.

Tanaman enceng gondok memang di anggap tanama sebagai tanman penggagu di oleh banyak kalangan masyarakat sumsel tapi kebayakan orang bias mengolah tanama ne menjadi pelunga bisnis dan untuk kesehatan bias juga di jadikan obat yng berguna bagi kesehatan manusia,jadi temen jangan pernah ragu untuk mengolah tanaman ini karena bayak manfaat dan bayak khasit yng terkandung di dalam ya terimakasi......

Profil 

Nama                    : fajar danni Haryanto
Asal Sekolah         : Universitas Binadarma
No Perserta          : 89
No tlp                   : 087897022086

0 komentar:

Posting Komentar